Participle: Penjelasan, Jenis, Fungsi dan Perbedaannya dengan Gerund

 Penjelasan

Pernahkah kalian melihat kalimat yang sepertinya mengandung dua buah verb di dalamnya? Kalimat Seperti

I know some Interesting places.

(Aku tahu beberapa tempat menarik.)

                Anehnya, Jika kalian melihat arti dari kalimat tersebut, kalian hanya akan menemukan satu kata kerja yaitu “know” atau “tahu”. Lalu bagaimana dengan “interesting”? Dalam kalimat ini, kata “interesting” tidak berfungsi sebagai verb melainkan sebagai participle.

Jadi, apa sebenarnya participle itu?

Participle adalah sebuah kata turunan kata kerja yang memiliki fungsi sebagai adjective (kata sifat) atau sebagai salah satu unsur pembentuk kalimat. Tapi ingat! tidak semua kalimat menggunakan participle sebagai salah satu unsur wajibnya. Kalimat yang mengandung participle biasanya adalah kalimat passive dan kalimat yang namanya mengandung kata “continuous” dan “perfect”. Misalnya, present continuous, present perfect, dll.

Jenis Participle

Secara umum participle dapat dibagi menjadi dua yaitu present participle dan past participle. Present participle merupakan participle yang memiliki bentuk verbing. Sedangkan Past Participle merupakan participle yang memiliki bentuk Verb3. Berbeda dengan present participle, past participle biasanya berbentuk Verb3 baik dari regular aaupun irregular verb.  Contoh untuk present participle adalah interesting, amazing, boring, tiring, dsb. Sedangkan untuk past participle contohnya adalah caught, accepted, seen, borrowed, dsb.

Fungsi Participle

Berikut adalah beberapa fungsi dari participle:

1.       Sebagai adjective

Untuk berfungsi sebagai adjective yang memodifikasi noun, participle dapat berdiri sendiri atau digabung dengan beberapa kata lain dan membentuk participle phrase. Contoh untuk participle yang berdiri sendiri dan berfungsi sebagai adjective:

·         She joined a very boring club. (Dia bergabung dengan klub yang sangat membosankan).

·         The man wearing a cap is my uncle. (Laki-laki yang mengenakan topi adalah pamanku.)

·         A depressed man meets psychiatrist Park today. (Seorang pria yang depresi menemui psikiater Park hari ini.)

·         My team were exhausted after cleaning the mess. (Timku kelelahan setelah membersihkan kekacauan itu.)

Dalam kalimat di atas yang berfungsi sebagai participle adalah kata: boring, wearing, depressed, dan exhausted. Sedangkan contoh untuk participle yang membentuk participle phrase adalah sebagai berikut (participle phrase adalah bagian yang ditebalkan):

·         Thinking quickly, he runs as the dog see him. (Dia berpikir cepat, dam segera lari begitu anjing itu melihatnya.)

·         Disturbed by the stench, Maria move away from that area. (Terganggu dengan bau busuk, Maria pindah dari wilayah itu.)

2.       Sebagai unsur sebuah kalimat

Participle yang berfungsi sebagai unsur sebuah kalimat biasanya dapat ditemukan dalam dalam kalimat-kalimat pasif  serta kalimat yang memiliki unsur continuous, dan perfect dalam namanya. Contohnya pada present continuous, past continuous, atau present perfect, past perfect, dsb.

·         Dalam kalimat pasif

o   I am pulled by a whimsical voice. (Aku ditarik oleh sebuah suara mysterious.)

·         Dalam Present Continuous Tense

o   She is cooking a bowl of chicken soup. (Dia sedang memasak semangkuk sup ayam.)

·         Dalam Present Perfect Tense

o   Rendy has learned a lot of things from that prosecutor. (Rendy telah belajar banyak dari jaksa itu.)

Perbedaan dengan Gerund

Beberapa orang sering kali salah dan menganggap participle terutama present participle sama dengan gerund karena bentuk mereka yang mirip, Berikut adalah perbedaan keduanya:

1.      Beda Bentuk

Perlu ditekankan bahwa tidak emua participle berbentuk Ving. Hal yang paling sering disalah pahami adalah karena present participle memiliki bentuk yang sama dengan gerund maka keduanya adalah hal yang sama. Padahal Participle memiliki dua jenis yaitu present dan past participle.

2.      Beda Fungsi

Hal lain yang membedakan keduanya adalah fungsi. Gerund berfungsi sebagai noun sedangkan Participle berfungsi sebagai Adjective, dan sebagai unsur pembentuk dalam kalimat pasif ataupun kalimat yang mengandung continuous atau perfect dalam namanya.

3.      Beda Modifier

Selain kedua perbedaan di atas perbedaan lain yang bisa terrlihat dengan mudah adalah modifier untuk keduanya. Untuk gerund, modifier yang bisa diletakkan di depannya adalah possessive adjective seperti my, your, his, her, dsb. Sedangkan untuk participle, modifier yang berada di depannya adalah adverb of degree misalnya very, so, extremely.

Sekian artikel kali ini. Semoga bisa membantu kalian belajar bahasa Inggris sampai jumpa lagi di artikel-artikel lain.

buttons=(Accept !) days=(20)

Website kami menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman akses kamu. Pelajari
Accept !
To Top