Gerund vs Present Continuous Tense

 

Hai guys, ketemu lagi sama, Sasa. Saat mengklik laman ini bisa dipastikan kalau kalian sedang bingung atau setidaknya penasaran soal bagaimana membedakan verb + ing dalam Present Continuous Tense dan verb + ing sebagai gerund. Maklum saja, bentuk mereka memang mirip, kok. Sama-sama verbing. Nah, untuk bisa membedakan mereka, perhatikan penjelasan di bawah ini ya!

Perbedaan

1.      Beda Fungsi

Hal utama yang membedakan keduanya adalah Verbing di Present Continuous Tense berfungsi sebagai present participle sedangkan gerund berfungsi sebagai noun.

2.      Beda Posisi

Karena memiliki fungsi yang berbeda maka Verbing di Present Continuous Tense memiliki posisi yang berbeda dalam kalimat jika dibandingkan dengan Verb­ing di gerund. Sebagai Present Participle di Present Continuous tense, Verbing akan berada setelah auxiliary verb. Sebaliknya gerund yang berfungsi sebagai noun bisa berada di sebuah kaimat sebagai subject atau object kalimat tersebut.

3.      Beda Modifier

Selain kedua perbedaan di atas perbedaan lain yang bisa terrlihat dengan mudah adalah modifier untuk Verb­ing tersebut. Untuk gerund, modifier yang bisa diletakkan di depannya adalah possessive adjective seperti my, your, his, her, dsb.

 

Contoh: His writing won the grand prize.

 

Sedangkan untuk present participle, modifier yang berada d depannya adalah adverb of degree misalnya very, so, extremely.

Contoh: It’s so amazing.

 

Contoh dan Analisis

Untuk lebih memahami perbedaan antara Verbing  ­dalam Present Continuous Tense dan Verbing sebagai  gerund kalian bisa lihat contoh dan analisisnya sebagaimana yang ada di bawah ini.

1.      Gerund

Travelling needs a lot of money.

(Jalan-jalan membutuhkan banyak uang.)

Dalam kalimat di atas, gerund berfungsi sebagai subject (Travelling). Sedangkan “need” berfungsi sebagai verb dan “money” berfungsi sebagai object.

 

I love travelling

(Aku suka jalan-jalan)

Kebalikan dari kalimat sebelumnya, gerund dalam kaliamt kedua memiliki posisi sebagai object dimana subject-nya adalah kata “I” dan verb-nya adalah kata “love”.

 

2.      Present Continuous Tense

Berbeda dengan gerund yang dianggap sebagai noun, Present Continuous Tense merupakan salah satu jenis kalimat sehingga memiliki rumus sendiri yaitu:

S +  Verb t be +Verbing

Contoh:

Wati is running in the garden.

(Wati sedang berlari di taman.)

Nah, bisa dilihat dalam kalimat ini Verbing(running) berfungsi sebagai present participle. Sedangkan bagian yang lain adalah sebagai berikut.

Wati                       à subject

Is                             à Verb to be

In the garden         à Adverb of place.

Bagaimanapun penggunaan Verbing tidak hanya terbatas pada kedua hal ini saja. Jadi tetap semangat, ya, belajarnya! Sampai jumpa di postingan berikutnya. See ya.