Harus Belajar Bahasa Inggris sampai Kapan?

 

Jika kalian sedang mendalami bahasa Inggris, kalian pasti pernah bertanya: “Sampai kapan harus begini?”. Sampai kapan kalian harus tertatih-tatih menghafal kosakata, terbata-bata mengeja pronunciation  dan terkantuk-kantuk mendengar podcast bahasa Inggris. Sebanyak apa sih, yang harus kita pelajari sampai kita bisa setara dengan native speaker?

Berdasarkan penelitian dari Mathias R. Mehl, dkk. manusia bicara antara 15.000 sampai 16.000 kata per hari. Wuih, banyak juga, ya?Menurut kalian jika kita bicara dengan ribuan kata dalam sehari, berapa sih, sebenarnya jumlah kosakata yang perlu kita kuasai untuk bisa bicara sebanyak itu dalam sehari? Tapi, sebelum bicara itu kalian tahu nggak, sih, berapa jumlah kosakata dalam bahasa Inggris

70.000?

100.000?

150.000?

Dari edisi kedua “Oxford English dictionary”, kamus bahasa Inggris yang sudah terkenal banget buat orang-orang yang belajar bahasa Inggris macam kalian, diperkirakan terdapat hampir 600.000 kosakata bahasa Inggris. Kaget? Khawatir? Gak perlu sekaget itu, guys. Sebenarnya jumlah tersebut termasuk kata-kata bahasa Inggris kuno yang sudah jarang digunakan, kok.

Jadi, berapa sih, total kosakata bahasa Inggris yang biasa digunakan dalam percakapan kita? Jauh dari jumlah totalnya, total kosakata yang digunakan dalam percakapan sehari-hari adalah 171.476 kata saja.

Masih terlalu banyak? Di luar ekspektasi? Haduh, gimana ya, guys. Udah nggak bisa ditawar emang segitu jumlahnya. Udah Pas.

Tapi, kabar baiknya itu bukanlah jumlah kosakata yang dikuasai oleh native speaker, guys. Menurut BBC, native speaker rata-rata menguasai sekitar 15.000 sampai 20.000 kata-kata saja, guys. Lebih realistis, ‘kan daripada yang ratusan ribu tadi?

Sayangnya, dalam mendalami suatu bahasa kalian tidak mungkin langsung menguasai sekian ribu kata dalam satu waktu ‘kan? Tenang aja, guys. Sebenarnya ada beberapa tingkatan dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris. Kalian bisa banget menjadikan ini sebagai patokan untuk target belajar kalian, guys. Jangan sampai karena langsung mematok target 20.000 kosakata kalian justru menjadi stress dan malas belajar bahasa Inggris. Yuk, kita lihat bagaimana tingkatan penguasaan kosakata dalam bahasa Inggris!


1.  Yang pertama adalah Functional beginner, guys. Pada tahap ini seseorang menguasai 250-500 kosakata. Dengan 500 kata kalian akan punya bekal yang cukup buat bertanya-tanya saat travelling dan mengenalkan diri.

2.    Conversational. Untuk sampai di tingkatan ini kalian perlu menguasai 1.000-3.000 kosakata, guys. Di tingkat ini kalian sudah bisa berbicara secara fleksibel tentang diri kalian, keseharian kalian dan hal lain yang berhubungan dengan orang lain. Sayangnya, sesekali kalian masih perlu menebak-nebak makna suatu kata.

3. Di tingkat selanjutnya ada tingkat Advanced yang perlu untuk menguasai 4.000-10.000 kosakata. Jumlah kosakata ini sudah mencapai C2 dalam Common European Framework for Reference (CEFR) di mana kalian sudah menguasai kosakata spesialisasi.

4.    Di tingkat paling atas ada Fluent yang menguasai 10.000 sampai +20.000 kosa kata. Di tingkat inilah kalian bisa dipandang setara dengan native speaker, guys.

 

Nah, gimana? Sudah siap menentukan target vocabulary-mu? Kalau kalian kesulitan mencapai tingkatan selanjutnya, kalian boleh banget memecah target. Misal, untuk mencapai tingkat advanced kalian bisa menetapkan target awal 7.000 kosakata dahulu, baru selanjutnya mentargetkan 10.000 kata. Intinya, sesuaikan dengan kemampuan kalian. Selamat belajar, guys!

 

Tags

buttons=(Accept !) days=(20)

Website kami menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman akses kamu. Pelajari
Accept !
To Top