Anti Rumit! Penjelasan, Ciri-Ciri dan Struktur Report Text yang Mudah Dipahami

 

Penjelasan Report Text

Report text merupakan salah satu jenis teks dalam bahasa Inggris yang berfungsi untuk menjelaskan fakta-fakta suatu objek. Jika dilihat sekilas, report text sama dengan descriptive text karena keduanya sama-sama memberikan penjelasan detail mengenai suatu objek. Lalu, apa yang membedakan antara report text dengan descriptive text?

Pada report text, informasi yang disampaikan merupakan fakta-fakta ilmiah yang umumnya didapatkan dari penelitian, survei, wawancara, studi kasus, atau kegiatan ilmiah semacamnya. Dengan begitu, fakta atau informasi detail yang dijelaskan di report text cenderung teks bersifat ilmiah, lebih umum, serta tidak disertai opini penulis yang bersifat subjektif.

Sementara, descriptive text merupakan teks yang menjelaskan detail suatu objek dengan menambahkan unsur penilaian atau opini pribadi, misal warna yang cantik atau rasa yang enak. Tidak ada standar yang membatasi sebuah tulisan descriptive text, semua isi tulisan bebas sesuai penilaian penulis itu sendiri.

Jadi, sudah jelas, ya? Report text berisi fakta-fakta ilmiah suatu objek secara umum. Sedangkan, descriptive text berisi fakta yang didasarkan dari panca indera si penulis atau pencerita.

 

Ciri-Ciri Report text

1.      Berisi Fakta-Fakta Ilmiah

Seperti yang sudah dijelaskan mengenai pengertian report text, di dalam teks ini fakta-fakta yang hadir adalah fakta ilmiah. Dalam menulis teks ini, perlu data-data hasil penelitian yang valid. Tak jarang pula data-data tersebut bisa dimasukkan dalam bentuk tabel atau grafik. Dengan adanya data tersebut, informasi yang disampaikan lebih terjamin kebenarannya.

2.      Judul Bersifat Umum

Biasanya, judul yang digunakan dalam report text bersifat umum karena isi teksnya pun mewakili objek secara umum.

3.      Menggunakan Simple Present Tense

Sama halnya dengan descriptive text, report text juga sering menggunakan pola kalimat simple present tense. Menggunakan tense ini karena fungsi dari simple present tense yang untuk menjelaskan sebuah kalimat berisi fakta atau kebenaran.

4.      Menjelaskan Objek Secara Umum

Objek yang dijelaskan dalam report text merupakan objek secara umum dikenal masyarakat luas. Berbeda dengan descriptive text yang justru menjelaskan sebuah objek khusus. Misal, pada descriptive text menjelaskan “my sweet home” maka pada report text hanya bisa menjelaskan “home” secara umum. Sehingga, pada teks dijelaskan bagaimana rumah pada umumnya.

5.      Menggunakan Conditional Logical Conjunction

Conditional Logical Conjunction (kata hubung logika bersyarat) ini misalnya after, so, as long as, before, because, since, dan lain sebagainya.

 

Struktur Report text

Tidak hanya pengertian dan fungsi saja yang mirip dengan descriptive text, struktur report text ternyata sama dengan descriptive text.

1.      General Classification (Klasifikasi Umum)

Pada bagian awal report text, informasi yang disampaikan mengenai objek masih bersifat umum. Informasi pada bagian ini bukanlah yang mendetail, melainkan informasi yang sudah tidak asing dan mudah untuk ditemui oleh banyak orang.

2.      Description (Deskripsi)

Pada bagian selanjutnya, yaitu deskripsi, penjelasan atau pemaparan informasi harus lebih mendetail. Di bagian inilah fakta-fakta ilmiah yang lebih detail, berdasarkan penelitian, dan mengacu data dipaparkan. Informasi utama yang ingin disampaikan justru pada bagian ini. Bagian deskripsi umumnya lebih banyak dibanding klasifikasi umum, bahkan sampai akhir teks merupakan deskripsi mengenai objek yang dibahas.

 

Contoh Report text


Turtle

Identification

Turtles are a prehistoric group of reptiles that developed when the dinosaurs were still living on earth. They are known as slow-moving animals, and indeed certain land turtles are quite slow. However, some species, such as sea turtles tend to move faster, even on land. The land turtles are also known as tortoises.

Turtles can be found in most parts of the world, except in the coldest regions. They mostly spread over from south-eastern North America to south-eastern Asia. Most turtles live in freshwater. Other species live in saltwater or on land. Turtles inhabit the oceans, lakes, ponds, salt swamps, rivers, woodlands, and even deserts.

 

Description

Turtle sizes and appearances vary significantly among different species. The smallest ones, for example, are mud turtles. They are maybe less than 10 cm in length and less than 0,5 kg in weight. In contrast, the Atlantic leatherback turtle grows to more than 2m and may weigh more than 680 kg.

Most turtles have a hard shell surrounding their body, protecting their vital organs like a suit of armor. The shell is separated into two parts. The arched upper section is called the carapace, while the flat lower section is called the plastron. Most turtle species can tuck their head, legs, and tail into it for protection from the predator. However, other species don’t have such features.

Turtles are omnivores. They eat living or dead plants and animals. They eat smaller creatures involving snails, insects, worms, jellyfish, clams, crayfishes, and other crustaceans. However, many tortoises are herbivores and eat only plants.

Some turtles are kept as pets by animal lovers. But, people in several regions also eat their meat and eggs. In the United States, for instance, some species of turtles have been harvested for restaurants' menus. This practice makes many native species, like the snapping turtles, have been drastically reduced in numbers. Furthermore, turtle populations have decreased worldwide since their environments have completely changed or been damaged. A few turtle species, including most tortoises and sea turtles, are in danger of completely in danger of extinction nowadays.

Itulah dia pengertian report text, perbedaannya dengan descriptive text, ciri-ciri, struktur, dan contoh report text. Mudah, bukan, memahami report text? Jika kamu ingin membuat report text, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencari sumber faktual mengenai objek yang ingin kamu tulis. Dengan begitu, informasi yang kamu sampaikan berisi kebenaran ilmiah.

Sebelum mulai menulis, kamu juga harus memahami dan membagi dahulu bahan tulisanmu ke dalam setiap struktur report text. Tulis informasi yang lebih umum di paragraf awal dan informasi lebih detail di paragraf selanjutnya hingga selesai.
Tags

buttons=(Accept !) days=(20)

Website kami menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman akses kamu. Pelajari
Accept !
To Top