Ramadan tiba! Ini 7 Istilah Penting Ramadhan dalam Bahasa Inggris

Wah, tidak terasa ya, ramadhan sudah hampir tiba. Eits, bicara soal Ramadhan, sudahkah kamu tahu istilah-istilah yang terkait bulan suci umat islam? Hayoo, apa bahasa Inggrisnya puasa, buka puasa, dan sahur? Haduh, kalau itu saja belum tahu, kamu perlu banget, nih, baca artikel ini. Karena sekarang kita akan membahas istilah-istilah bulan Ramashan dalam bahasa Inggris.

1.    Fasting

Bulan puasa merupakan salah satu istilah yang digunakan oleh orang Indonesia untuk menyebut bulan Ramadhan. Hal ini tidak lain disebabkan oleh perbedaan bulan Ramadhan dengan bulan lainnya adalah kewajiban berpuasa bagi para muslim. Oleh karenanya istilah pertama yang kita pelajari adalah fasting yang artinya adalah berpuasa.

2.    Iftar

Setelah seharian menahan haus dan dahaga hal yang paling menghibur adalah momen berbuka atau yang dalam bahasa Inggris disebut iftar. Perlu diingat, berbuka puasa atau iftar merupakan noun seperti lunch dan breakfast. Jadi jangan sampai salah dalam menggunakannya, ya.

3.    Sahoor

Istilah ini seperti yang kalian duga memiliki arti sahur. Dan seperti sahur dalam bahasa Indonesia istilah sahoor merupakan kata serapan yang diambil dari bahasa arab. Oleh karena itulah, baik tulisan maupun pengucapannya memiliki kemiripan yang cukup besar dengan istilah bahasa Indonesia yang biasa kita gunakan.

4.    Call for prayer

Seperti yang telah diketahui hampir semua orang di Indonesia, batas waktu yang menentukan untuk waktu berbuka dan mulai berpuasa adalah adzan. Adzan atau panggilan untuk sholat dalam bahasa Inggris disebut juga call for prayer.

5.    Obligatory Charity

Secara harfiah obligatory berarti harus dilakukan dan charity berarti amal. Sehingga, bila digabungkan kata ini berarti amal atau sedekah wajib. Yups, ini merupakan istilah untuk zakat yang merupakan amalan yang wajib ditunaikan bagi muslim sebelum sholat idul fitri dimulai.

6.    Date

Date di sini bukan berarti tanggal atau kencan, ya. Date di sini berarti buah kurma. Yups, buah yang disunahkan untuk dikonsumsi muslim pada saat berbuka. Nah, jika kamu muslim dan berencana berjalan-jalan ke luar negeri saat Ramadan, maka perlu kamu tahu ini supya tidak kebingungan untuk menye

7.    Eid

Nah, bagian yang paling di tunggu-tunggu, nih. Benar! Apalagi kalau bukan Idul Fitri. Momen ini dalam bahasa Inggris disebut Eid al Fitr. Mirip, ya? Bukan hanya Idul Fitri saja yang mirip, Idul Adha juga memiliki istilah yang mirip, lho. Istilah Idul Adha dalam bahasa Inggris disebut juga Eid ul Adha.

Sebenarnya, masih ada beberapa istilah lain yang sering digunakan saat bulan Ramadhan misal, prayer untuk sholat ataupun Recite Quran untuk membaca Al-Quran. Namun, kedua istilah tersebut tidak hanya digunakan di bulan Ramadhan saja sehingga tidak disertakan dalam daftar. Oh iya, meskipun memiliki istilah khusus dalam bahasa Inggris, istilah-istilah tertentu seperti zakat dan adzan terkadang juga tetap menggunakan versi arabnya baik dalam penulisan maupun pelafalan. Hal ini bisa terjadi jika, kita berada dalam komunitas muslim atau jika kita berbicara dengan orang yang memang telah mengetahui istilah khusus ini.

Terakhir, Kelas Bahasa ucapkan selamat beribadah di bulan suci Ramadhan untuk para muslim, dan selamat berlibur di momen Idul Fitri nanti untuk setiap pembaca. Sampai jumpa di konten lainnya. Ciao.

Tags

buttons=(Accept !) days=(20)

Website kami menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman akses kamu. Pelajari
Accept !
To Top