7 Tips Menguasai Grammar

 

Kamu pasti setidaknya pernah mendengar soal grammar, kan? Bagaimana perasaanmu saat mendengarnya? Pusing? Keringat dingin? Atau langsung tutup buku, lempar HP, dan banting laptop saat mendengarnya? Tenang saja! Banyak, kok, yang kesulitan saat menghadapi grammar. Sebab, pada dasarnya, siapapun yang belajar bahasa Inggris pasti pernah bermusuhan dengan si grammar.

Sebelum mencari tahu soal bagaimana cara mengalahkan grammar, kamu sudah tahu belum apa sih, grammar itu sebenarnya? Menurut laman Britannica, grammar adalah aturan bahasa yang mengatur bunyi, kata, kalimat, dan elemen lainnya, serta kombinasi dan penafsiran dari komponen-komponen tersebut. Jadi, grammar sebenarnya mencakup banyak sekali hal, maka dari itu wajar sekali jika kita perlu waktu untuk menguasainya. Tapi khusus untuk kamu, ada tips-tips yang akan membantumu menguasai grammar dengan lebih baik. Yuk, simak!

1.       Sering Membuat Kalimat dan Berbicara Bahasa Inggris

Pertama dan selalu utama: latihan. Semua metode akan percuma jika kamu tidak berlatih. Ingat! Grammar bukan hanya soal tulisan tapi juga bunyi. Jadi perlu sekali untukmu berlatih berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris. Latihan rutin dalam kegiatan sehari-hari bisa meningkatkan refleks pikiranmu untuk berbicara dengan grammar yang tepat.

2.       Perbanyak Kosa Kata

Apa sebutan untuk benda bulat yang biasanya digunakan unuk permainan seperti voli, basket dan futsal? Benar, bola. Mudah sekali menjawabnya karena benda tersebut memiliki nama. Tapi bagaimana jika kita tidak tahu nama benda tersebut? Haruskah kita bilang “Saya sedang mencari benda bulat yang biasanya untuk voli, basket dan futsal”. Tentu akan menyulitkan dan sangat membuang waktu bukan? Itulah sebabnya menambah kosakata merupakan hal yang sangat penting. Kamu bisa menyebut suatu benda, kejadian, dan keadaan tertentu dengan tepat dan singkat. Selain itu, memperbanyak kosa kata juga akan memudahkanmu memahami dan menyusun kalimat dalam bahasa Inggris.

3.       Baca, Dengarkan, dan Tonton Literatur Bahasa Inggris

Percuma kalau kamu sudah menghapal seluruh isi buku grammar tapi tidak pernah mengetahui contoh aslinya. Bagaimanapun, bahasa Inggris adalah bahasa asing. Bahasa yang datang dari budaya yang berbeda. Oleh karenanya, penting untuk mengetahui bukan hanya pola kalimat tetapi juga ungkapan-ungkapan tertentu yang bisa jadi tidak bisa diartikan secara harfiah. Memangnya ada? Tentu saja ada! Kalau di Indonesia kita mengetahui peribahasa, di bahasa Inggris kita akan berkenalan dengan benda bernama idiom, dan frasa. Keduanya seringkali memiliki arti yang sangat berbeda jika diartikan perkata dan sebagai kesatuan. Selain itu, membaca, mendengarkan dan menonton literatur akan menambah kosakata dan bahkan secara otomatis membuatmu peka terhadap struktur kalimat yang digunakan, lho.

4.     Kenali PoS

PoS? Apaan, sih? SOS kali?

Bukan! PoS atau Parts of speech adalah klasifikasi kata berdasarkan fungsinya. Dalam bahasa Indonesia kita mengenal kata kerja, kata benda dan kata sifat. Nah, dalam bahasa Inggris kita akan menemui noun, verb, pronoun, adjective, adverb, preposition, conjunction, dan interjection. PoS terkadang dibagi lagi secara lebih spesifik misal countable dan uncountable noun dsb.

5.       Pahami Pola Tenses Bahasa Inggris

Apa kamu tahu ada berapa jenis tenses dalam bahasa Inggris? Banyak? Tentu saja. Totalnya adalah 16 tenses. Membayangkan menghafal 16 tenses saja, tentu sudah membuat ngeri bukan? Maka yang perlu kamu pelajari terlebih dahulu adalah pola umumnya. Misal, semua tenses dengan istilah continuous pasti menggunakan Verb-ing, atau semua tenses yang menggunakan istilah perfect akan menggunakan verb3 dan memiliki tambahan “have” yang bentuknya disesuaikan dengan latar waktunya. Setelah kamu sudah memahami pola umumnya kamu bisa lanjut untuk memahami pola setiap jenis tenses secara lebih mendetail. Pahami juga pengaplikasiannya baik dalam kalimat aktif maupun pasif

6.       Koreksi dan Perbaiki

Saat membuat kalimat, menulis dan sebagainya kita yang baru belajar tentu tidak luput dari kesalahan maka jangan ragu untuk mengkoreksi hasil belajar kita. Kamu bisa minta tolong ke guru, atau teman yang lebih ahli untuk membantu memperbaiki tulisanmu.

7.       Manfaatkan Teknologi

Terakhir, jangan lupa bahwa kita hidup di zaman modern di mana teknologi telah berkembang di semua aspek kehidupan. Jadi, manfaatkan sebaik-baiknya. Ada banyak aplikasi yang selalu bisa membantumu untuk mengalahkan si grammar. Contohnya, Aplikasi ataupun website dari berbagai jenis kamus, aplikasi belajar bahasa Inggris sampai aplikasi yang bisa mengoreksi tulisan yang kamu buat. Jadi, manfaatkan space di smartphone-mu sebaik mungkin.

Nah, sekarang kamu sudah siap untuk berlatih mengalahkan grammar. Selamat berjuang dan sampai jumpa di konten selanjutnya.

 

Tags

buttons=(Accept !) days=(20)

Website kami menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman akses kamu. Pelajari
Accept !
To Top