Apa Itu Personal Pronoun? Inilah Penjelasan, Jenis, dan Contohnya

Personal pronoun merupakan penyebutan kata ganti dalam bahasa Inggris. Kata ganti atau personal pronoun ini digunakan untuk menyebutkan orang, hewan, benda, atau hal lain dengan lebih spesifik.

Personal pronoun ini berbeda tergantung perannya. Peran yang dimaksud ini berupa subject, object, atau possessive. Selain itu, juga berbeda tergantung jumlah, orang ke-, dan gender dari kata benda (noun) yang digantikan.

Ketentuan penggunaan personal pronoun ini juga disampaikan oleh Gucker pada bukunya yang berjudul Essential English Grammar. Gucker membaginya berdasarkan:

1.    Person

Person atau orang ini dibagi menjadi tiga, yaitu orang pertama, orang kedua, dan orang ketiga.

2.    Number

Terdapat dua pembagian untuk number atau angka ini, yaitu singular dan plural. Singular berarti tunggal, sedangkan plural berarti jamak.

3.    Gender

Gender dibagi menjadi tiga, yaitu laki-laki (masculine), perempuan (feminine), dan netral (neutral).

4.    Case

Case dibagi menjadi tiga, yaitu subjektif, objektif, dan posesif.

 

Contoh Penggunaan Personal Pronoun

Person

1.    First Person

Kata ganti yang termasuk dalam first person atau orang pertama adalah I, me, we, dan us. Kata ganti orang pertama ini digunakan ketika seseorang sedang berbicara mengenai dirinya.

Contoh kalimat:

-          I'm driving my new car around town. (Aku mengendarai mobil baruku berkeliling kota.)

-          We go to the music studio every weekend. (Kami pergi ke studio musik setiap pekan.)

-          The principal gives an award to us. (Kepala sekolah memberikan penghargaan untuk kami.)

-          Someone is looking at me. (Seseorang melihat kepadaku.)

2.    Second Person

Kata ganti yang termasuk dalam second person atau orang kedua adalah you. Kata ganti ini digunakan untuk menyebut orang lain yang sedang diajak berbicara.

Contoh kalimat:

-          You have to eat carrots on your plate. (Kamu harus makan wortel yang ada di piringmu.)

-          Every time I bring lunch, you always ask for my food. (Setiap kali aku membawa bekal, kamu selalu meminta makananku)

 

3.    Third Person

Kata ganti orang ketiga berupa she, he, it, her, him, they, dan them. Kata ganti ini digunakan saat membicarakan atau menyebutkan orang lain, tumbuhan, hewan, atau benda dalam pembicaraan tersebut.

Contoh kalimat:

-          They had a party without me. (Mereka mengadakan pesta tanpa aku.)

-          I have two children. I give pocket money to them every day. (Aku memiliki dua anak. Aku memberi mereka uang saku setiap hari.)

-          I met Myla yesterday. Her hair is very beautiful. (Aku bertemu Myla kemarin. Rambutnya sangat indah.)

-          Look! Dad bought a new bird. It's very pretty, isn't it? (Lihat! Ayah membeli burung baru. Ini sangat cantik, bukan?)

Number

1.    Singular

Singular berarti orang maupun benda yang dimaksud berjumlah tunggal. Kata ganti singular berupa I, you, she, he, it, me, him, dan her.

Contoh kalimat:

 

-          I sat in the garden waiting for him to come. (Aku duduk di taman menunggu dia datang.)

Someone accidentally spilled juice on Giselle's dress. She had to clean it up right away. (Seseorang tidak sengaja menumpahkan jus di gaun Giselle. Dia harus segera membersihkannya.)

 

2.    Plural

Plural berarti orang maupun benda yang dimaksud berjumlah jamak atau lebih dari satu. Kata ganti singular berupa we, you, they, us, their dan them.

Contoh kalimat:

-          Today my dad and my brother are going to watch a soccer on the televison. They wear the same soccer jersey. (Hari ini ayah dan saudara laki-lakiku akan menonton sepak bola di televisi. Mereka memakai baju sepak bola yang sama.)

-          I have a best friend named Michael. We have been friends since we were 7 years old. (Aku memiliki sahabat bernama Michael. Kami sudah bersahabat sejak usia 7 tahun.)

Gender

1.    Masculine

Seperti namanya, kata ganti masculine atau laki-laki digunakan untuk kata benda bergender laki-laki. Kata ganti masculine berupa he, his, dan him.

Contoh kalimat:

-          Ryan buys a new bike. He bought it because his previous bike broke down. (Ryan membeli sepeda baru. Dia membelinya karena sepeda sebelumnya rusak.)

2.    Feminine

Seperti namanya, kata ganti feminine atau perempuan digunakan untuk kata benda bergender perempuan. Kata ganti feminine berupa she dan her.

Contoh kalimat:

-          Hesti had not seen Rara, her cat, all day long. She had to find her. (Hesti tidak melihat Rara, kucingnya, sepanjang hari. Dia harus mencarinya.)

3.    Neutral

Kata ganti neutral digunakan untuk kata benda yang tidak diketahui gendernya. Kata ganti yang merupakan neutral adalah it, they, dan their.

Contoh kalimat:

-          My mother was sick so she couldn't meet with clients. I have to replace my mother to meet them. (Ibu saya sakit sehingga dia tidak bisa bertemu dengan klien. Saya harus menggantikan ibu saya untuk menemui mereka.)

Case

1.    Subjective

Subjective personal pronoun berarti kata ganti untuk subjek dalam kalimat. Kata ganti yang digunakan bisa berupa I, you, they, we, she, he, dan it.

Contoh kalimat:

-          I want to buy this red shirt. It is very pretty and not too expensive. (Saya ingin membeli baju merah ini. Ini sangat cantik dan tidak terlalu mahal.)

-          My dad brings pizza after work for my younger siblings. They are very happy. (Ayah saya membawakan pizza sepulang kerja untuk adik-adik saya. Mereka sangat senang.)

2.    Objective

Objective personal pronoun berarti kata ganti untuk objek dalam kalimat. Kata ganti yang digunakan bisa berupa me, you, us, them, her, him, dan it.

Contoh kalimat:

-          He always said he loved me. (Dia selalu bilang dia mencintaiku.)

-          My sister got three dolls for her birthday. She always took them to bed.  (Adikku mendapat tiga boneka untuk ulang tahunnya. Dia selalu membawa mereka ke tempat tidur.)

 

3.    Possessive

Kata ganti ini digunakan untuk menunjukkan kepemilikan akan sesuatu. Posisi kata ganti ini bisa sebagai subjek, pelengkap subjek, ataupun objek. Kata ganti yang bisa digunakan adalah mine, yours, ours, theirs, hers, dan his.

Contoh kalimat:

-          The candy is mine. (Permen itu milikku.)

-          This necklace is yours. (Kalung ini milikmu.)

Nah, itulah personal pronoun atau kata ganti dalam bahasa Inggris. Ada beberapa jenis personal pronoun beserta contohnya yang bisa kamu gunakan untuk referensi. Dalam percakapan bahasa Inggris memang sebaiknya kamu menggunakan personal pronoun agar lebih bervariatif, tidak selalu menyebut nama orang atau benda yang dimaksud berulang kali.

buttons=(Accept !) days=(20)

Website kami menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman akses kamu. Pelajari
Accept !
To Top