Penggunaan A, An, dan The dalam Bahasa Inggris

Saat membaca teks berbahasa Inggris kita pasti seringkali menemui tiga kata ini: a, an, dan the. Sebenarnya apa, sih kegunaan ketiga kata ini dan bagaimana menentukan penggunaannya? Penasaran? Ayo, simak penjelasannya di sini.

Dalam tata bahasa Inggris a, an, dan the disebut sebagai article. Article atau kata sandang pada dasarnya adalah adjective (kata sifat) yang bertugas untuk memodifikasi noun. Article dibagi menjadi dua yaitu definite article dan indefinite article di mana “the” merupakan definite article, sedangkan “a/an” merupakan indefinite article.

Penggunaan Indifinite Article (a/an)

Indifinite article merupakan suatu artikel yang menunjuk sesuatu yang umum dan bisa saja belum diketahui wujudnya ketika benda itu di sebutkan. Indifinite article digunakan untuk menunjuk sesuatu yang bersifat tunggal misal:

·         a book,

·         a beatutiful photograph,

·         a moslem, an apple, dan

·         a couple of tourists.

Loh, “a couple of tourists” kan, orangnya dua, kok pakai “a”? Memang, jika yang dihitung berapa tourist yang terlibat “a couple of tourists” terdiri dari dua tourist, akan tetapi dalam konteks ini kata “a” menjelaskan kata “couple” bukan kata “tourists”.

Perbedaan Penggunaan A dan An

Secara umum penggunaan “a” diperuntukkan untuk noun yang diawali dengan huruf konsonan sedangkan “an” diperuntukkan untuk noun yang diawali dengan huruf vokal. Namun, perlu ditekankan bahwa yang dimaksud huruf konsonan atau vokal di sini bukanlah berdasarkan tulisannya melainkan pelafalannya. Berikut adalah contohnya:

·         A flute

·         An arrow

·         An honor

·         A university

Seperti yang bisa kita lihat di contoh. Kata ”honor” mengunakan “an” karena pelafalannya diawali dengan huruf vokal. Sedangkan, kata “university” menggunakan “a” karena pelafalannya diawali huruf konsonan.

Penggunaan Definite Article (The)

 

Seperti namanya “definite” penggunaan articlethe” juga memiliki batas. Tidak, seperti indefinite article yang dapat digunakan untuk menyebut suatu hal secara umum, definite pronoun digunakan untuk menyebutkan sesuatu yang spesifik misalnya sesuatu yang telah disebutkan sebelumnya.

1.       After a long consideration, I buy a car.

2.       After a long consideration, I buy the car.

Sekilas, mungkin tidak ada perbedaan dalam kedua kalimat di atas namun nyatanya kedu kalimat diatas memiliki makna yang berbeda. Pada kalimat pertama, kita bisa menerjemahkannya menjadi: “Setelah pertimbangan yang panjang, aku membeli sebuah mobil”. Mobil dalam kalimat ini bersifat umum dan tidak ditentukan mobil yang mana atau seperti apa mobilnya. Sedangkan terjemah untuk kalimat kedua berbunyi: “Setelah pertimbangan yang panjang, aku membeli mobil itu”. Bisa dilihat bahwa untuk kalimat kedua mobil yang ingin dibeli adalah mobil yang spesifik, yang dalam hal ini kemungkinan adalah mobil yang telah disebutkan sebelumnya oleh si aku/ I.

 

 

 

buttons=(Accept !) days=(20)

Website kami menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman akses kamu. Pelajari
Accept !
To Top