Pidato Bahasa Inggris Singkat: Tujuan, Unsur, dan Contohnya

 

Kita pasti sudah sering mendengar pidato, baik di lingkungan sekolah, masyarakat, maupun negara. Tapi, apa sih sebenarnya pengertian pidato itu?

Pidato adalah kegiatan seseorang menyampaikan ide atau pikirannya dalam bentuk kata-kata yang dilakukan di depan umum atau ditujukan kepada orang banyak. Pidato merupakan cara seseorang berkomunikasi dengan pendengar atau audience. Biasanya seseorang memiliki tujuan tertentu saat menyampaikan pidatonya.

Ya, pidato disampaikan dengan tujuan yang beragam tergantung pelaku pidato dan lingkungan atau di mana dia berpidato.

Tujuan-Tujuan Pidato

1.      Memberikan informasi

Ini adalah salah satu tujuan yang paling umum dari pidato. Biasanya, seseorang menyampaikan pidato yang berisi sebuah informasi dengan maksud agar orang-orang atau audience mengetahui informasi atau fakta yang disampaikan.

2.      Memengaruhi pendengar untuk melakukan tindakan

Tujuan dilakukannya pidato juga bisa karena pelaku pidato ingin memengaruhi pendengar agar melakukan sesuatu sesuai yang dikatakan dalam pidato, misalnya pidato kepala sekolah kepada murid-muridnya untuk menjaga lingkungan sekolah. Pidato tersebut disampaikan kepala sekolah dengan tujuan memengaruhi murid-murid menjaga serta membersihkan lingkungan sekolah.

3.      Meyakinkan pendengar

Salah satu dilakukannya pidato adalah untuk meyakinkan pendengar. Pidato ini dilakukan ketika orang-orang sudah mendengar sesuatu informasi, tapi mereka masih ragu dengan informasi tersebut. Di sinilah orang yang berpidato harus menyampaikan informasi dengan lebih meyakinkan. Pidato bisa disertai contoh yang bisa diterima oleh pendengar agar lebih meyakinkan.

4.      Memberikan hiburan

Ternyata pidato tidaklah selalu mengenai hal dan di situasi yang formal. Ada pidato yang dilakukan dengan tujuan menghibur pendengar. Hal yang disampaikan dalam pidato tidak terbatas, tapi materi pidato dikemas dalam penyampaian yang lebih santai dan pemilihan diksi yang tidak terlalu kaku.

5.      Memberikan motivasi

Pidato juga bisa menjadi pilihan metode seseorang memberikan dorongan atau motivasi kepada pendengar. Biasanya, pidato ini berisi pula kisah-kisah pendukung untuk membuat pendengar lebih menghayati materi pidato sehingga motivasi yang disampaikan benar-benar diterima oleh pendengar.

Unsur-Unsur Pidato

Jika kita berbicara di depan orang, tentu perkataan kita harus mengalir dan jelas alurnya. Nah, dalam berpidato pun sama. Tidak bisa dalam sebuah pidato, seseorang langsung menyampaikan inti dari pidatonya. Tentu itu akan terdengar aneh, bukan? Dalam sebuah pidato, ada beberapa unsur yang harus disampaikan.

1.      Pembuka (introduction)

Bagian awal dari sebuah pidato disebut bagian pembuka (introduction). Bagian ini biasanya berisi ucapan salam pembuka, sapaan, dan rasa syukur. Orang yang berpidato juga bisa memperkenalkan dirinya di bagian awal atau pembuka ini.

2.      Isi atau inti pidato (main idea)

Setelah selesai menyampaikan bagian pembuka, pidato masuk ke bagian isi atau inti. Bagian isi ini adalah topik utama yang ingin disampaikan kepada pendengar. Di bagian inilah pendengar bisa menerima informasi, motivasi, atau hiburan dari pelaku pidato.

3.      Contoh pendukung (supporting ideas/example)

Bagian contoh pendukung ini berupa contoh cerita atau kejadian yang mendukung materi pidato yang disampaikan dengan tujuan pendengar lebih paham akan materi pidato. Seperti namanya, bagian ini hanya pendukung yang boleh ada dan boleh tidak ada. Jika dirasa pidato perlu menyertakan contoh pendukung sehingga isi pidato akan lebih dipahami dan diterima pendengar, bagian ini bisa dimasukkan.

4.      Penutup (closing/conclusion)

Bagian terakhir sebuah pidato adalah penutup. Bagian penutup bisa berisi kesimpulan, pesan, ucapan terima kasih, dan salam penutup. Kesimpulan dan pesan perlu disampaikan untuk kembali mengingatkan dan menekankan kepada pendengar akan isi dari pidato. Selain ucapan terima kasih, biasanya disertakan pula permintaan maaf jika ada kekurangan dari pidato yang disampaikan.

 

Berikut contoh pidato beserta analisis unsurnya.

Introduction           

Good morning, ladies and gentlemen. I am Linzy from the Ministry of Health and Welfare.

Main Idea               

The reason I'm standing here is that I want to tell you about how important it is that we have to keep the environment clean. The environment includes the home, school, and community environment. During this time of COVID-19, we must be more active in protecting ourselves and the environment. Don't let our families and ourselves, of course, become vulnerable to viruses or diseases because of the dirty environment. In addition, we must eat healthy foods and be diligent in exercising so that our immunity is strong and we are not susceptible to disease.

Closing/Conclusion

That's all I want to say. Once again it is important for us to maintain health by taking care of the environment, eating healthy, and exercising regularly. Thanks for listening.

 

Pidato bisa disampaikan dengan berbagai bahasa, termasuk bahasa Inggris. Semua jenis pidato yang disampaikan dengan bahasa apa pun itu sebenarnya tidak memiliki aturan panjang pidato. Hal yang penting dari pidato adalah unsur-unsur yang sudah disebutkan di atas. Jadi, pidato bahasa Inggris yang tidak terlalu panjang disebut pidato bahasa Inggris singkat (short speech).

Pidato bahasa Inggris singkat tidak akan mengubah makna pidato itu sendiri asalkan apa yang ingin disampaikan jelas. Selain bertujuan untuk menyampaikan informasi, motivasi, hiburan, dan lain sebagainya, pidato bahasa Inggris singkat juga bertujuan untuk melatih skill speaking seseorang.

Biasanya, materi pidato sudah disiapkan sebelum berdiri di depan umum untuk menyampaikan pidatonya. Nah, di proses persiapan pidato inilah seseorang akan melatih kemampuan writing pidato bahasa Inggris singkat. Setelah menyiapkan materi pidato bahasa Inggris singkat itu, seseorang harus menyampaikannya kepada audience. Oleh karena itu, kemampuan speaking juga akan terlatih.

Tips Sukses Melakukan Pidato

Tak jarang pidato menjadi gagal karena kurang persiapan. Dalam artikel ini, kami berikan tips agar kamu sukses melakukan pidato bahasa Inggris singkat di depan umum.

1.      Mempersiapkan materi pidato

Hal pertama yang perlu kamu persiapkan sebelum pidato adalah menentukan topic pidato dan menyiapkan materi apa saja yang ingin kamu sampaikan. Jangan sampai saat naik ke atas panggung atau sudah berdiri di depan banyak orang, kamu belum tahu apa yang ingin kamu sampaikan.

2.      Berlatih di depan kaca

Bagaimana pun penyebutannya, pidato bahasa Inggris singkat tetaplah pidato yang harus dilakukan dengan baik agar maksud pidato bisa diterima oleh pendengar. Tips ini bisa kamu lakukan untuk berlatih pidato bahasa Inggris singkat. Dengan berlatih berpidato di depan kaca, kamu bisa melihat langsung ekspresimu saat berpidato. Hal ini perlu karena kita sedang melakukan komunikasi kepada audience saat berpidato sehingga menjaga ekspresi yang tepat itu penting.

3.      Melakukan simulasi pidato di depan orang lain

Melakukan simulasi pidato di depan orang lain bisa membuat kamu bisa merasakan situasi nyata saat nanti berpidato yang dilakukan di depan orang lain juga. Kamu bisa meminta keluarga atau temanmu untuk melihat latihanmu. Mereka juga bisa memberikan penilaian agar kamu bisa memperbaiki hal yang kurang.

4.      Merekam latihan

Satu lagi tips yang bisa kamu lakukan, yaitu merekam simulasi atau latihan pidato bahasa Inggris singkatmu. Melalui rekaman itu, kamu bisa memonitori pidatomu. Kamu bisa mengecek ekspresimu apakah sudah sesuai. Kamu juga bisa mendengarkan suaramu apakah sudah cukup keras atau pengucapannya apakah sudah jelas. Ini sangat membantumu untuk lebih siap sebelum berpidato langsung nantinya.

Setelah mengetahui tujuan, unsur, dan tips sukses melakukan pidato bahasa Inggris singkat di atas, kini diharapkan kamu bisa menyiapkan dan melakukan pidato bahasa Inggris singkat dengan baik.

buttons=(Accept !) days=(20)

Website kami menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman akses kamu. Pelajari
Accept !
To Top