7 Tips Ampuh Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

 

Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling umum digunakan karena kedudukannya sebagai bahasa internasional. Itulah yang menjadikan bahasa Inggris penting dan kesadaran akan pentingnya bahasa Inggris itulah yang mendorong banyak orang ingin belajar, mendalami, serta menguasai bahasa Inggris.

Namun, kesulitan dalam menguasai bahasa Inggris sering dirasakan oleh banyak orang dan mungkin kamu salah satunya? Hal itu wajar dan jangan sampai kamu berkecil hati. Usaha yang terus-menerus akan menghasilkan sesuatu yang setara dengan usaha itu. Begitu pula dengan usahamu dalam belajar bahasa Inggris.

Apakah kamu salah satu orang yang ingin menguasai bahasa Inggris, tetapi bingung usaha apa yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu? Tenang! Di sini akan kami berikan tips yang bisa kamu praktikkan agar kemampuan bahasa Inggrismu dapat meningkat dengan cepat.

1.    Mendengarkan lagu berbahasa Inggris sembari membaca liriknya

Mendengarkan lagu adalah salah satu hobi yang cukup merata. Kegiatan mendengarkan lagu menjadi aktivitas yang digemari banyak orang. Nah! Bagi kamu yang ingin meningkatkan kemampuan dan menguasai bahasa Inggris, aktivitas yang satu ini patut kamu praktikkan. Jangan hanya mendengarkan lagu tanpa melakukan hal lain. Cobalah mencari lirik lagu yang kamu dengarkan dan nyanyikanlah lagu tersebut dengan melihat lirik sembari mendengar pelafalan sang penyanyi. Aktivitas ini cukup bagus untuk melatih kemampuan pronunciation-mu.

2.   Menonton film atau serial berbahasa Inggris

Aktivitas satu ini mungkin salah satu aktivitas yang paling digemari. Selain untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, menonton film atau serial adalah aktivitas yang menghibur, terlebih lagi bagi yang memiliki hobi menonton. Menonton film atau serial berbahasa Inggris dapat melatih kemampuan listening-mu.

Pada awalnya, kamu bisa menonton dengan menggunakan subtitle. Hal ini bisa kamu lakukan jika ingin menambah kosakata baru atau asing yang muncul dalam film tersebut. Tapi untuk meningkatkan kemampuan listening-mu, menonton tanpa subtitle adalah pilihan yang tepat.

3. Menghafal tiga puluh kosakata baru setiap hari

 

Nah! Bagi kamu yang merasa perbendaharaan kata masih sangat kurang sehingga membuatmu kurang percaya diri dan kesulitan menyampaikan maksudmu, menghafal kosakata baru setiap hari merupakan pilihan yang patut kamu lakukan.

Memang terdengar sulit harus menghafal puluhan kata setiap harinya, namun hal itu akan berbanding dengan hasil yang kamu rasakan. Aktivitas ini sangat membantu kamu meningkatkan perbendaharaan kata dan tentunya kamu akan lebih lancar berbicara bahasa Inggris karena telah banyak kosakata yang kamu ketahui.

Kamu bisa menulis pada buku khusus untuk kosakata baru yang akan kamu hafalkan setiap harinya. Ini bukanlah hal sulit jika kamu sudah terbiasa. Kuncinya adalah membiasakan diri dahulu.

4. Menulis diary menggunakan bahasa Inggris

Beberapa dari kita mungkin suka menulis kejadian yang kita alami dalam buku harian atau diary. Bagaimana kalau kamu mulai mencoba menulis diary menggunakan bahasa Inggris?

Hal ini cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan writing dan menambah vocabulary. Mungkin kamu awalnya akan kesulitan dalam menulis sesuai apa yang kamu inginkan karena banyak kosakata yang tidak kamu ketahui. Namun, di sinilah kamu akan belajar vocab baru.

Ketika kamu dihadapkan pada situasi ingin menulis sebuah kosakata, kamu pasti harus mencari bahasa Inggris dari kosakata tersebut. Dengan demikian, kamu secara tidak langsung sedang menambah vocab baru. Jika ini dilakukan terus-menerus, vocab yang telah kamu gunakan atau tulis dalam diary akan terekam dalam ingatanmu.

5. Mencari atau memiliki teman dari negara asing yang berbahasa Inggris

Ini adalah cara yang cukup ampuh dalam meningkatkan kemampuan speaking. Tips ini tidak hanya berlaku untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, tetapi juga untuk bahasa asing lainnya.

Sama halnya dengan menulis diary dalam bahasa Inggris, ketika kamu dihadapkan pada situasi harus berbicara dalam bahasa Inggris dengan teman yang hanya memahami bahasa Inggris, kamu pasti akan terdorong mencari kalimat bahasa Inggris yang tepat untuk diucapkan.

Selain itu, kamu akan belajar pronunciation dan bahasa keseharian dari teman tersebut. Bahasa keseharian di sini merujuk pada bahasa yang tidak baku layaknya yang biasa kita pelajari di sekolah. Teman tersebut pasti akan menggunakan bahasa sehari-sehari. Hal itu dapat membantumu memahami bahasa Inggris keseharian.

6. Menggunakan aplikasi belajar bahasa Inggris

Memiliki aplikasi belajar bahasa Inggris adalah langkah yang bagus untuk mempercepat kamu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Pasalnya, banyak fitur yang disediakan untuk mendukung proses belajarmu.

Beberapa aplikasi yang bisa kamu coba, yaitu BBC Learning English, Lingbe, Mondly, Hellotalk, Hello English, dan Duolingo. Aplikasi-aplikasi ini akan membantu meningkatkan kemampuanmu tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar dan sangat mudah digunakan di mana pun kamu berada.

Fitur yang ditawarkan pun bermacam-macam. Selain materi, ada pula aplikasi yang menyediakan fitur rangkuman, audio dari profesional, dan kesempatan speaking yang tentunya akan meningkatkan kemampuanmu dari segi listening dan speaking.

Di beberapa aplikasi juga akan membuatmu berkesempatan melakukan interaksi dengan native melalui chat maupun selama materi. Ada pula yang menyediakan fitur game sehingga kamu bisa belajar dengan lebih seru.

7. Membaca berita, cerita fiksi, dan buku lainnya yang berbahasa Inggris

Kegiatan membaca tentu dilakukan bagi yang ingin meningkatkan kemampuan reading. Jika merasa membaca buku terlalu berat, kamu bisa memulainya dengan membaca berita terbaru. Biasanya berita ditulis tidak terlalu panjang. Selain melatih kemampuan reading, kamu bisa mendapatkan informasi terbaru. Satu kegiatan mendapatkan dua keuntungan, nih!

Tapi, bagi yang merasa vocab dalam berita terlalu berat, kamu bisa mencoba membaca buku yang ringan, seperti dongeng. Jika kamu tipe yang mudah bosan, dongeng atau cerita fiksi bergambar adalah pilihan yang wajib kamu coba.

Itulah tujuh tips untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dalam hal writing, reading, speaking, pronunciation, hingga menambah vocabulary. Banyak usaha yang bisa kamu lakukan. Yang lebih penting adalah keinginan dan tekadmu untuk belajar. Jika tekadmu kuat dan kamu terus berusaha melakukan banyak cara untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu, pasti kamu akan segera memperoleh hasil yang baik.

Sekali lagi, begitu banyak usaha yang bisa kamu lakukan. Semua akan kembali lagi kepadamu, apakah kamu terus mencoba berbagai usaha tersebut atau menyerah. Inti dari sebuah proses belajar adalah usaha dari yang bersangkutan.

Semoga tips di atas dapat membantumu untuk meningkatkan kemampuan dan penguasaan bahasa Inggrismu.

 

buttons=(Accept !) days=(20)

Website kami menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman akses kamu. Pelajari
Accept !
To Top