Mudah dan Lengkap! Inilah 5 Aplikasi Kamus Terjemahan Bahasa Inggris Terbaik

Kamu seorang pelajar atau mahasiswa? Guru atau dosen pasti sering memberi tugas yang mengharuskan kamu mencari buku, jurnal, atau referensi lainnya yang berbahasa Inggris. Jika kamu adalah seorang traveler, pasti kamu sering menemui petunjuk berbahasa Inggris, orang asing yang menanyakan arah, atau orang asing yang sekadar mengajakmu berbincang. Lalu, bagaimana cara mengatasinya jika kamu tidak mengerti arti dari bahasa Inggris tersebut? Tentu saja kamu perlu kamus untuk menerjemahkannya. Penggunaan kamus sangat membantu bagi siapa pun kamu yang aktivitasnya selalu berhubungan dengan bahasa Inggris atau memang sedang belajar bahasa Inggris.

Keberadaan kamus memang penting untuk aktivitas penerjemahan. Namun, ukurannya yang cenderung besar dan berat merupakan kekurangan dari kamus berbentuk buku. Kamus buku juga kurang ringkas jika dibawa untuk berpergian. Selain itu, kamus buku kurang efisien untuk mencari sebuah arti dengan cepat. Kita perlu mencari sebuah kata dari banyak kata lain yang ada. Itu cukup merepotkan apalagi jika digunakan di luar atau saat berpergian.

Tentu saja di zaman yang serba digital ini, kita telah dipermudah dengan adanya berbagai fasilitas kamus berupa aplikasi yang bisa kita akses secara gratis. Segala keperluan penerjemahan akan menjadi lebih mudah dan cepat. Berikut beberapa aplikasi kamus Inggris–Indonesia yang akan membantu aktivitas penerjemahaanmu:

1       1. iTranslate

icon aplikasi terjemah itranslate
Aplikasi iTranslate merupakan salah satu aplikasi terjemahan yang unggul. Tidak hanya dapat menerjemahkan teks, tetapi juga dapat menerjemahkan suara dalam lebih dari seratus bahasa. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan sinonim dan arti berbeda lainnya, kemampuan men-translate tulisan dengan menggunakan kamera, serta konjugasi verba dalam bentuk kata yang berbeda.

Kelebihan lainnya, yaitu dapat mendengarkan terjemahan dalam suara pria atau wanita, membedakan dialek, dan menerjemahkan bahasa asing bukan aksara latin, seperti bahasa Cina, Jepang, dan Korea ke tulisan latin dan sebaliknya. Dengan segala kelebihan ini, aplikasi ini sangat cocok untuk kamu yang hobi traveling ke luar negeri, terlebih karena tersedia juga mode offline yang tentunya akan memudahkan penggunaanya saat tidak ada koneksi internet.

2       2. Microsoft Translator

aplikasi terjemah microsoft translator

Aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft ini dapat menerjemahkan lebih dari tujuh puluh bahasa dalam bentuk teks, suara, gambar, dan percakapan. Penerjemahan offline pun tersedia dengan mengunduh bahasa terlebih dahulu.

Kabar baiknya, aplikasi ini tidak hanya bisa kamu gunakan di smartphone, tetapi juga bisa kamu gunakan di smartwatch. Hanya dengan cara mengunduh aplikasinya di smartwatch milikmu, kamu sudah bisa dengan mudah menerjemahkan tanpa perlu membuka smartphone-mu.

Dalam penerjemahan percakapan, aplikasi ini mampu melakukan penerjemahan langsung dari berbagai bahasa dengan kapasitas orang yang dapat bergabung hingga seratus orang. Jadi, kamu bisa mengundang beberapa teman untuk memulai percakapan grup melalui kode yang kamu dapatkan saat memulai fitur conversation. Tersedia pula kamus frasa, makna alternatif dari sebuah kata, hingga panduan pengucapan yang akan sangat membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrismu baik dari segi perbendaharaan kata maupun pronunciation.

3       3. Google Translate

aplikasi terjemah google translate

Mungkin dari banyak aplikasi terjemahan yang ada, Google Translate merupakan yang paling populer atau paling banyak dikenal dan menjadi langganan banyak orang. Tidak hanya dapat diakses dengan aplikasi, Google Translate juga bisa dengan mudah kamu gunakan melalui browser di ponsel dan PC.

Bahasa asing yang dapat kamu terjemahkan melalui aplikasi ini mencapai lebih dari seratus bahasa. Fitur offline mode juga tersedia sehingga memudahkan kamu yang membutuhkan aplikasi terjemahan dalam kondisi tidak ada koneksi internet.

Tidak hanya menerjemahkan melalui ketikan, aplikasi ini juga mendukung penerjemahan dari foto, percakapan atau suara, hingga dapat mengarahkan kamera ke tulisan dan hasilnya langsung muncul pada layar handphone. Selain itu, terdapat pula fitur handwriting (tulis tangan) yang memungkinkan menerjemahkan bahasa beraksara bukan latin jika keyboard tidak mendukung tersedianya aksara tersebut.

   4. Yandex Translate

 icon aplikasi terjemah yandex translate

Yandex Translate adalah aplikasi terjemahan selanjutnya yang wajib kamu pertimbangkan. Aplikasi ini mendukung 97 bahasa asing. Kamu juga bisa menerjemahkan teks, suara, dan foto. Hasil terjemahan akan ditampilkan dalam bentuk tulisan.

Bagi kamu yang membutuhkan aplikasi terjemahan untuk menerjemahkan situs web, artikel, jurnal, dan dokumen lainnya yang isinya cukup panjang, kamu bisa menggunakan aplikasi ini karena aplikasi ini mampu menerjemahkan dengan batas maksimal 10 ribu kata dalam sekali menerjemahkan.

Terdapat fitur lain yang disediakan dalam aplikasi ini yaitu fitur on screen keyboard dan auto spelling yang dapat mengoreksi tulisan. Jadi, tidak perlu khawatir jika ada kesalahan huruf yang kamu tuliskan karena akan secara otomatis diperbaiki di aplikasi ini.

5       5. UDicionary

 icon aplikasi terjemah udictionary

Aplikasi kamus satu ini juga termasuk jajaran kamus online yang paling lengkap. Banyak fitur yang tersedia dalam aplikasi ini, seperti memiliki kamus resmi Oxford dalam 12 bahasa, penerjemahan kata dari 108 bahasa, terjemahan kamera yang dapat mengenali 93 bahasa, terjemahan percakapan yang mendukung 35 bahasa dan 49 aksen, hingga penggunaan kamus offline untuk 44 bahasa, sinonim, antonim, dsb.

Kelebihan lain dari aplikasi ini, yaitu dapat digunakan untuk menerjemahkan di aplikasi lain, seperti di website, Whatsapp, Line, dsb. Banyak lagi fitur yang tersedia, seperti pengecekan grammar, contoh kalimat, permainan kata, hingga video untuk belajar bahasa Inggris dengan lebih mudah dan seru.

Itulah tujuh aplikasi penerjemah dan kamus yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah aktivitas penerjemahanmu, baik untuk keperluan pembelajaran di sekolah maupun aktivitas di luar saat traveling. Zaman serba digital ini telah mempermudah kita dalam banyak hal termasuk kemudahan dalam menerjemahkan bahasa Inggris tanpa harus menenteng kamus besar dan berat lagi kemana-mana. Jadi, manfaatkan fasilitas digital yang ada untuk terus berkembang dan meningkatkan kemampuanmu!

 

 

buttons=(Accept !) days=(20)

Website kami menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman akses kamu. Pelajari
Accept !
To Top