Cara Mudah Membedakan Simple Present Tense dan Present Continuous Tense

Penjelasan Lengkap Perbedaan Simple Present Tense dan Present Continuous Tense

Tense adalah tata bahasa dalam bahasa Inggris yang berfungsi membedakan suatu kejadian atau tindakan berdasarkan waktu terjadinya. Ada total enam belas tense dalam bahasa Inggris yang dibagi secara garis besar menjadi tiga, yaitu waktu lampau (past), masa sekarang (present), dan masa depan (future).

Setiap tense memiliki aturan penggunaan dan pola kalimat yang berbeda. Namun, tak jarang, meski pola setiap tense berbeda kita tetap sering kesulitan dalam membedakan tense satu dengan tense lain karena ada beberapa tense yang memiliki aturan penggunaan dan pola kalimat yang hampir sama.

Sebelumnya, perlu diketahui daftar enam belas tenses yang ada dalam bahasa Inggris. Nama-nama tenses tersebut dapat dilihat melalui daftar berikut ini:

Simple Present Tense

Present Continuous Tense

Present Perfect Tense

Present Perfect Continuous Tense

Simple Past Tense

Past Continuous Tense

Past Perfect Tense 

Past Perfect Continuous Tense

Simple Future Tense

Future Continuous Tense

Future Perfect Tense

Future Perfect Continuous Tense

Past Future Tense

Past Future Continuous Tense

Past Future Perfect Tense

Past Future Perfect Continuous Tense

 

Jika dilihat sekilas, memang beberapa tense memiliki unsur waktu yang hampir sama. Seperti simple present tense dan present continuous tense yang menggunakan masa yang sama, yaitu present atau masa sekarang. Sama halnya dengan simple past tense dan past continuous tense yang sama-sama kalimat atau tense yang penggunaannya berdasarkan waktu lampau (past).

Untuk membedakan semua tenses tersebut, perlu dirinci pola atau rumus kalimat dan penggunaannya. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai perbedaan penggunaan serta pola kalimat simple present tense dan present continuous tense. 

Pola Kalimat


Penggunaan

Simple Present Tense

Present Continuous Tense

·         Untuk menyebutkan kejadian yang sedang terjadi

·         Untuk menceritakan sebuah kebiasaan atau rutinitas

·         Untuk menyampaikan berita, informasi, atau hal faktual lainnya

·         Untuk menunjukkan watak dan sifat seseorang

·         Untuk menyampaikan aktivitas yang sudah terjadwal atau direncanakan

·         Untuk membicarakan kegiatan sehari-hari

·         Untuk mengucapkan kalimat perintah atau larangan

·         Untuk menyatakan tindakan atau kejadian yang sedang terjadi saat pembicara berujar

·         Untuk menyatakan tindakan atau kejadian yang terjadi sekitar waktu ujaran disampaikan

·         Untuk menyatakan sebuah rencana di waktu dekat yang sudah pasti akan terjadi 

·         Untuk menyatakan sebuah perubahan situasi atau kondisi yang sedang terjadi

Keterangan Waktu

Simple Present Tense

Present Continuous Tense

  • Usually
  • Always
  • Every
  • Sometimes
  • Normally
  • Seldom
  • In the (...)
  • Three times ago
  • Often
  • Each, etc.

·         Now

·         At the time

·         At this present

·         At this moment

·         Right now

·         Today

·         This week

·         This semester

·         Just now, etc.

 

Pada tabel di atas telah dirinci perbedaan pola kalimat dan fungsi atau kegunaan simple present tense dan present continuous tense. 

Melalui tabel di atas dapat diketahui salah satu perbedaan dasar kedua tense adalah pada kata kerja (verb) yang digunakan. Kata kerja yang digunakan pada simple present tense berupa kata kerja bentuk pertama (verb 1) untuk subjek I, you, they, dan we. Lalu, kata kerja berimbuhan –s/-es untuk subjek orang ketiga tunggal (she, he, dan it). Sementara, present continuous tense menggunakan kata kerja berimbuhan –ing (verb+ing).

Secara fungsi atau penggunaanya, ada beberapa fungsi yang terdengar mirip dan akan membingungkan jika tidak dipahami secara mendalam. Kedua tense tersebut sama-sama dapat digunakan untuk situasi atau kejadian yang sedang berlangsung. Namun, aktivitas yang sedang berlangsung di sini memiliki arah yang sedikit berbeda.

Simple present tense berfungsi untuk menerangkan kejadian yang sedang berlangsung pada saat ini dengan durasi atau keterangan waktu yang lebih umum. Sedangkan, present continuous tense menunjukkan kejadian yang sedang berlangsung dengan keterangan waktu yang lebih spesifik.

Dapat dilihat kembali pada tabel keterangan waktu di atas. Kita ambil contoh keterangan waktu usually pada simple present tense. Kata "usually" merupakan keterangan waktu yang menunjukkan kebiasaan atau aktivitas yang biasanya dilakukan oleh subjek. Keterangan waktu "usually" juga tidak merujuk pada satu waktu yang jelas.

Kita ambil pula contoh keterangan waktu present continuous tense, misalnya now. Kata "now" merupakan keterangan waktu yang jelas karena kita langsung dapat mengetahui kapan aktivitas atau kejadian yang dimaksud terjadi, yaitu sekarang, tepat ketika pembicara menyampaikan ucapan tersebut.

Setelah membaca pembahasan perbedaan simple present tense dan present continuous tense di atas dengan cermat, diharapkan kamu tidak akan kesulitan lagi dalam membedakan kedua tense tersebut.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tidak hanya kedua tense ini yang dapat membingungkan dalam penggunaannya. Kami juga akan membahas perbedaan atau perbandingan tense yang memiliki kedekatan seperti simple present tense dengan present continuous tense ini dalam artikel lain. Selamat berjumpa lagi di artikel lainnya dengan semangat belajar yang tetap membara, ya!

 

buttons=(Accept !) days=(20)

Website kami menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman akses kamu. Pelajari
Accept !
To Top