Percakapan Inggris: Mengucapkan Salam Sederhana dalam Situasi Informal



Dalam keseharian kita, bersosialisasi menjadi salah satu kegiatan yang penting untuk dilakukan. Adapun hal paling mendasar dalam bersosialisasi adalah mengucapkan salam atau memberikan sapaan pada teman atau rekan yang kita jumpai.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara mengucap salam atau sapaan sederhana dalam bahasa Inggris pada situasi informal. Dalam konteks ini, salam dan sapaan ini berarti ditujukan pada orang-orang yang sudah kita kenal dengan cukup baik; selain sahabat, keluarga, atau orang yang jauh lebih tua. Adapun yang termasuk dalam situasi informal antara lain:

  • Di kantor, dengan tim atau sesama rekan kerja
  • Di pesta, perayaan atau pertemuan sejenis bersama teman-teman
  • Di sekolah
  • Di lingkungan tetangga
  • Di acara makan siang bersama klien tetap
  • Di perjumpaan dengan teman tanpa sengaja
  • dll

Sapaan atau salam yang kita berikan bisa lebih santai/tidak kaku dalam kondisi tersebut. Kita bisa juga mengulurkan tangan untuk menyalami mereka jika perlu.

Salam dan sapaan yang umum digunakan dalam situasi informal adalah “hello” dan “how are you?”. Namun, kita bisa menggunakan variasi lain sebagai berikut:

1. “Hey”, “Hey man”, atau “Hi

Kita bisa mengatakan “hey” dan “hi” sebagai sapaan; ini banyak digunakan di kalangan anak muda. Kita bisa mengucapkan “hi” di berbagai situasi, akan tetapi “hey” hanya diucapkan pada orang yang dikenal. Untuk itu, jangan katakan “hey” pada orang asing atau orang yang belum dikenal. Kita mengucapkan “hey man!” untuk menyapa teman laki-laki, juga pada teman perempuan (yang sebaya/masih muda) hanya jika kita sudah mengenalnya dengan baik atau akrab.

Perlu diingat, “hey” tidak selalu bermakna “hello”. “Hey” juga bisa diucapkan untuk meminta perhatian seseorang.

2. “How’s it going?”atau“How are you doing?

Ini adalah alternatif dari “how are you?” yang bisa kita ucapkan. Jika ingin terkesan lebih sopan, kita bisa menggunakan “how are you?” untuk menanyakan kabar seseorang. Jika tidak, “how’s it going?” dan “how are you doing?” bisa kita terapkan hampir pada setiap orang.

Adapun respon yang bisa kita berikan untuk menjawabnya adalah “I’m fine” atau “I’m doing well”; bergantung pada kondisi kita saat itu. Sebagian orang juga biasa menjawab dengan “Good!” saja. Jangan lupa untuk menambahkan “and you?” setelah merespon.

3. “What’s up?”, “What’s new?”, atau“What’s going on?

Ini juga merupakan alternatif dari “how are you?” yang bisa kita coba untuk menyapa orang yang sudah dikenal dengan lebih santai. Biasanya, pertanyaan ini hanya sekedar basa-basi dan tidak benar-benar ditujukan untuk mengetahui kabar seseorang. Kebanyakan orang akan memberikan respon “nothing” atau “not much” untuk menjawabnya.

Namun untuk memancing pembicaraan yang lebih panjang, kita bisa memberikan respon berupa keadaan atau hal menarik yang sedang terjadi pada kita saat itu; sebelum mengatakan “what about you?” agar percakapan bisa terus berlanjut.

4. “How’s everything ?”, “How are things?”, atau“How’s life?

Ungkapan ini masih memiliki arti yang sama dengan “how are you?” yang bisa kita lontarkan pada orang-orang yang sudah kita kenal. Adapun untuk menjawabnya, kita bisa mengatakan “good” atau “not bad”, atau dengan jawaban lain yang menjelaskan kondisi kita saat itu; sama seperti pada poin ke tiga.

5. “How’s your day?”atau “How’s your day going?

Pertanyaan ini memiliki arti yang serupa dengan “how are you?”, hanya saja digunakan untuk menanyakan keadaan atau kabar seseorang setelah seharian beraktivitas. Maka, ungkapan ini tidak dilayangkan di pagi hari; melainkan saat menjelang sore hingga petang.

Respon yang bisa diberikan untuk menjawabnya adalah “it’s going well”. Tapi, kebanyakan orang biasa menjawab dengan “good”, “not bad”, “fine”, atau “alright” saja.

6. “Good to see you” atau “Nice to see you”

Salam ini bisa kita ucapkan pada teman, rekan kerja, atau anggota keluarga yang lama tidak kita jumpai. Umumnya, orang yang sudah berteman dekat akan berpelukan sembari saling menyapa setelah lama tidak berjumpa. Kita bisa mengucapkan salam ini pada seseorang sambil memeluk atau menjabat tangannya; bergantung pada hubungan kita dengan orang tersebut.

7. “Long time no see”atau“It’s been a while

Sapaan ini ducapkan pada seseorang yang telah lama tidak kita jumpai, tepatnya jika kita bertemu dengannya secara tidak sengaja atau tanpa direncanakan. Ukuran ‘lama’ dalam situasi ini berkisar antara beberapa minggu (jika kita sebelumnya biasa berjumpa dengannya setiap hari), beberapa bulan (apa bila sebelumnya kita biasa berjumpa dengan dia setiap minggu) atau lebih dari itu. Biasanya, ungkapan ini akan dilanjut dengan pertanyaan seperti “how are you?”, “how have you been?” atau “what’s new?”.

8. Slang English Greetings

Kita bisa juga memberikan sapaan atau salam yang sangat informal pada orang lain menggunakan slang, hanya jika kita sudah mengenal orang tersebut dengan sangat baik dan akrab atau dengan teman dekat. Namun yang perlu diingat, sebab slang bersifat regional atau kedaerahan, maka ada baiknya kita menggunakan slang ini sesuai dengan posisi di mana kita sedang berada atau orang yang kita sapa.

Adapun slang yang bisa digunakan antara lain:

  • Yo!” atau “yo man!”, umum digunakan di Amerika
  • Howdy”, digunakan di Canada dan US; singkatan dari “how do you do?
  • Sup?” atau “Whazzup?”, kependekan dari “what’s up?”; bisa digunakan saat mengirim pesan singkat
  • G’day, mate!”, singkatan dari “good day, mate!”; biasa digunakan di Australia
  • Hiya!”, kependekan dari “how are you?” yang biasa digunakan di beberapa wilayah tertentu di Inggris. Untuk menjawabnya, cukup katakan “hey!” saja.

Selamat mencoba!

Tags

buttons=(Accept !) days=(20)

Website kami menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman akses kamu. Pelajari
Accept !
To Top