Paling Rekomendasi! 5 Kamus Terjemahan Bahasa Inggris-Indonesia Terlengkap

 


Belajar bahasa asing memanglah tidak mudah, begitu pula dengan bahasa Inggris. Dalam belajar bahasa Inggris, sering kali kita terkendala memahami arti sebuah kata. Hal tersebut dapat diatasi dengan adanya kamus. Dengan adanya kamus, kita bisa dengan mudah menerjemahkan kata yang belum kita ketahui. Kamus menyediakan kosakata dari abjad A-Z yang dapat kamu cari terjemahannya. Oleh karena itu, peran kamus sangatlah penting untuk proses belajarmu karena kegiatan penerjemahan menjadi mudah karena adanya kamus.

Betapa pentingnya kamus ini pun sejalan dengan banyak pula penulis dan penerbit yang menerbitkan kamus bahasa Inggris-Indonesia. Di luar sana banyak pilihan kamus bahasa Inggris-Indonesia yang dijual. Tapi, kamu harus jeli terhadap kualitas kamus yang akan kamu beli. Lalu, kamus mana yang sebaiknya kamu beli? Masih bingung? Berikut beberapa referensi kamus bahasa Inggris–Indonesia terbaik yang bisa kamu pilih. Simak, yuk!

    1. Buku Saku Inggris Indonesia Indonesia Inggris

 

 Kamus yang merupakan terbitan Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2013 ini termasuk salah satu kamus yang terlengkap. Di dalamnya selain berisi arti kosakata dalam bahasa Inggris dan Indonesia, terdapat pula contoh frasa dan kalimat yang bisa dijadikan bahan belajar kita untuk lebih memahami penggunaan berbagai kosakata dalam sebuah frasa dan kalimat.

Kamus ini disusun oleh Tim GPU yang mencakup ribuan entri yang dilengkapi pula dengan kelas kata dan kata turunan.  Tidak berhenti di situ, buku ini juga dilengkapi dengan ulasan tentang tenses, irregular verbs, English correspondence, dan lain sebagainya yang disajikan dengan indeks jari yang tentunya akan lebih mempermudah kamu dalam mencari setiap entri.

2.          2. Kamus Pocket Bahasa Inggris

Kamus ini merupakan karya penulis Indonesia, Kirizki Setiana. Kamus ini berisi arti kosakata dengan ribuan entri, cara pelafalan, ejaan dalam bahasa Inggris, hingga terdapat pula tata bahasa. Penjelasan dalam buku ini sangat sederhana atau tidak berbelit-belit sehingga mudah untuk dipahami terlebih bagi pemula. Ukuran kamus yang kecil ini pun dapat menjadi pilihan yang tepat untuk kamu bawa berpergian.

3.      3.Kamus Inggris Indonesia

 

Jika kamu pernah mencari kamus bahasa Inggris di toko buku atau melihat kamus-kamus milik temanmu, mungkin paling tidak kamu pernah melihat kamus ini. Kamus karya John M. Echols dan Hassan Shadily ini dapat dikatakan sebagai kamus yang paling lengkap dan paling laris terjual. Kamus ini sudah mengalami beberapa kali revisi sejak pertama kali diterbitkan pada tahun 1975 sehingga tentu kualitas atau kelengkapannya semakin baik.

Meski harga yang ditawarkan terbilang cukup mahal, tapi itu sebanding dengan apa yang kamu peroleh dalam kamus ini. Pasalnya, selain karena kamus ini memiliki puluhan ribu entri dengan terjemahannya, kamus ini juga dilengkapi dengan turunan dari sebuah kata menjadi kata kerja, kata sifat, dan kata benda. Kelengkapan dari kamus ini tidak berhenti di situ. Terdapat pula tulisan fonetik (pengucapan) dari setiap kosakata untuk mempermudah dalam pelafalannya, penjelasan kelas kata, penjelasan arti kata berdasarkan disiplin ilmu tertentu, hingga contoh penggunaan kata dalam kalimat.

Perlu diingat bahwa kamus ini hanya menyediakan kata-kata dalam bahasa Inggris yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Jika kamu mencari kamus dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris, ada satu buku lain karya John M. Echols dan Hassan Shadily juga yang bisa kamu gunakan. Jadi, kamus bahasa Inggris ke Indonesia dan Indonesia ke Inggris karya mereka ada di buku yang berbeda, ya!

4.          4. Kamus Besar Bahasa Inggris

Kamus Besar Bahsa Inggris

Kamus berikutnya merupakan kamus karya George Lawton dan Ika Liv. Kamus terbitan Pustaka Baru Press ini ditulis menggunakan hasil penelaahan dari beberapa kamus referensi berbahasa Inggris ke Inggris dan Inggris ke Indonesia. Seperti kamus-kamus yang sudah disebutkan sebelumnya, kamus ini juga menyertakan cara pengucapan kosakata untuk mempermudah pelafalan. Selain itu, dilengkapi pula contoh penggunaan kata agar lebih mudah dipahami. Terdapat pula pengklasifikasian kelas kata pada setiap kosakata serta pemilihan kosakata yang bersifat umum dan juga khusus.

  5. Kamus Umum Lengkap Inggris Indonesia & Indonesia Inggris

 Kamus Umum Lengkap Inggris Indonesia & Indonesia Inggris

Selanjutnya, kamus ini merupakan tulisan Drs. S. Wojowasito. Ada beberapa jenis kamus karya beliau ini. Ada empat kamus yang dibedakan berdasarkan warna cover-nya. Ada yang warna cokelat; bahasa Indonesia - Inggris, merah; bahasa Inggris - Indonesia, hitam; penggabungan sebagian dari kamus warna cokelat dan merah, dan hijau. Kamus dengan cover hijau inilah yang paling lengkap yang merupakan perpaduan seluruh isi kamus warna cokelat dan merah, yaitu berisi kamus dari bahasa Inggris – Indonesia dan Indonesia – Inggris.

Selain karena kelengkapannya, kamus terbitan Hasta ini menggunakan sistem fonetik IPA (International Phonetic Alphabet) dalam pengaplikasiannya yang banyak digunakan kamus lain. Kelebihan lainnya adalah adanya halaman khusus yang menjelaskan cara penggunaan sistem IPA tersebut sehingga akan mudah mengetahui cara baca yang benar. Kamus ini pun dilengkapi dengan daftar irregular verb yang cukup banyak.

Tentunya banyak pilihan kamus yang bisa kamu beli. Tapi, alangkah baiknya kamu mempertimbangkan kelengkapan dan keakuratan kamus agar tidak menyesal setelah membelinya. Dan kamus-kamus di atas merupakan pilihan kamus terbaik yang bisa kamu jadikan pendamping dalam proses belajar bahasa Inggris. Ingat pula kamus mana yang akan kamu pilih itu tidak akan meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu jika kamu tidak rutin menggunakannya. Jadi, jangan sampai membeli kamus lalu kamu tinggalkan begitu saja di rak buku atau di atas meja, ya! Fondasi perubahan itu terletak pada diri sendiri. So, keep studying! Keep trying! Keep fighting!

 

buttons=(Accept !) days=(20)

Website kami menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman akses kamu. Pelajari
Accept !
To Top