Beasiswa Brunei Darussalam 2022 Kuliah Diploma, S1, S2 FULL SCHOLARSHIP

Kelasbahasa.id – Beasiswa Pemerintah Brunei Darussalam Tahun 2022 – 2023 atau BRUNEI DARUSSALAM GOVERNMENT SCHOLARSHIP (BDGS) kembali dibuka bagi pelajar internasional (termasuk dari Indonesia) untuk melanjutkan kuliah Diploma, S1, dan S2 pada universitas yang ada di Brunei Darussalam. Beasiswa yang diberikan bersifat beasiswa penuh. Berikut informasi selengkapnya

beasiswa brunei


Beasiswa Brunei Darussalam 2022 – 2023 untuk Kuliah Diploma, S1 dan S2 

CAKUPAN BEASISWA BRUNEI DARUSSALAM (BDGS):

  1. Bebas biaya perkuliahan hingga selesai masa kuliah (termasuk biaya pendaftaran, ujian, orientasi, dan sebagainya).
  2. Tiket pesawat kelas Ekonomi Indonesia – Brunei Darussalam pulang-pergi (PP) pada awal dan akhir masa perkuliahan.
  3. Tunjangan senilai BND$500.00 (± Rp 5,2 juta) per bulan.
  4. Tunjangan uang makan senilai BND$150.00 (± Rp 1,5juta) per bulan.
  5. Tunjangan buku senilai BND$600.00 (± Rp 6,2juta) per tahun.
  6. Akomodasi/tempat tinggal di asrama kampus.
  7. Tunjangan bagasi bagi penerima beasiswa yang telah menyelesaikan masa perkuliahan, maksimum senilai BND$250.00 (± Rp 2,6juta) untuk negara di wilayah ASEAN.
  8. Asuransi komprehensif selama masa beasiswa.

PILIHAN UNIVERSITAS / PERGURUAN TINGGI:


1. Universiti Brunei Darussalam (UBD)
UBD merupakan universitas pertama di Brunei Darussalam sekaligus universitas terbesar di negara ini berdasarkan jumlah mahasiswa serta berbagai kurikulum yang ditawarkan. Program studi yang ditawarkan serta persyaratan dari pihak universitas bisa dilihat pada link berikut: http://mfa.gov.bn/PublishingImages/Pages/bdgs/bdgs2022/UBD%20-%20Programmes%20Offer%20for%20BDGS%202022-2023.pdf.

2. Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan (KUPU SB)
Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan (KUPU SB) merupakan sebuah perguruan tinggi negeri di Bandar Seri Begawan. Program studi yang ditawarkan serta persyaratan dari pihak universitas bisa dilihat pada link berikut: http://mfa.gov.bn/PublishingImages/Pages/bdgs/bdgs2022/BDGS2022%20KUPU%20SB.pdf.

3. Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA)
UNISSA merupakan universitas kedua yang terdapat di Brunei Darussalam yang didirikan pada tahun 2007 dengan program studi yang ditawarkan berkaitan dengan Studi Islam. Bahasa pengantar dalam perkuliahan yang digunakan adalah bahasa Arab. Program studi yang ditawarkan serta persyaratan dari pihak universitas bisa dilihat pada link berikut: http://mfa.gov.bn/PublishingImages/Pages/bdgs/bdgs2022/UNISSA2022.pdf.

4. Universiti Teknologi Brunei (UTB)
UTB adalah universitas teknik dan teknologi yang terdapat di Brunei Darussalam dengan spesialisasi pada bidang Teknik, Bisnis, Komputer dan Informatika, Sains Terapan dan Matematika, serta Desain. Program studi yang ditawarkan serta persyaratan dari pihak universitas bisa dilihat pada link berikut: http://mfa.gov.bn/PublishingImages/Pages/bdgs/bdgs2022/UTB%20-%20List%20of%20programmes%20UTB%20for%20July%202022-2023%20Academic%20Year.pdf.

5. Politeknik Brunei (PB)
PB merupakan Politeknik yang didirikan untuk mempercepat pengembangan sumber daya manusia dalam memproduksi tenaga kerja yang memiliki kemampuan dan pendidikan tinggi. Program studi yang ditawarkan serta persyaratan dari pihak universitas bisa dilihat pada link berikut: http://mfa.gov.bn/PublishingImages/Pages/bdgs/bdgs2022/PB%20-%20Entry%20Requirements%20(ER%20JUL%202022%20FOR%20MFA).pdf.


Untuk tahun akademik 2022, perkuliahan akan dimulai pada bulan Juli / Agustus 2022.


PERSYARATAN BEASISWA BRUNEI DARUSSALAM:

  1. Merupakan warganegara anggota ASEAN (termasuk Indonesia), Commonwealth atau OIC.
  2. Telah mendapatkan endorse (nominasi) bisa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta/ Dinas Pendidikan di wilayah Kota/ Kabupaten tempat tinggal asal. Menggunakan Format Nominasi yang terdapat pada Formulir Pendaftaran halaman 13-14.
  3. Untuk pelamar program Diploma dan S1 berusia antara 18 s/d 25 tahun, dan bagi pelamar program S2 berusia maksimal 35 tahun per tanggal 31 Juli 2022.
  4. Beasiswa ini tidak berlaku bagi penduduk tetap Brunei Darussalam.
  5. Penerima beasiswa tidak diperbolehkan mendapatkan beasiswa, fellowship, grant, atau pinjaman dari pihak lain tanpa persetujuan dari Kementerian Luar Negeri Brunei Darussalam.
  6. Penerima beasiswa sebaiknya tidak membawa anggota keluarga selama masa penerimaan beasiswa. Tidak ada tunjangan suami/istri/anak yang diberikan serta tidak ada akomodasi yang disediakan kepada pasangan maupun anak yang ikut menemani.
  7. Penerima beasiswa tidak diizinkan untuk melakukan pekerjaan yang dibayar atau bekerja pada perwakilan negara manapun di Brunei Darussalam selama masa penerimaan beasiswa.
  8. Setelah menyelesaikan perkuliahan, diharapkan penerima beasiswa dapat segera kembali ke negara asal.
  9. Pelamar memenuhi persyaratan lainnya yang diminta oleh pihak universitas dan program studi yang dituju.
  10. Memiliki kemampuan bahasa Inggris.

BERKAS DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN (SOFTCOPY):

  1. Formulir Pendaftaran Beasiswa Brunei Darussalam (BDGS) (DOWNLOAD .DOC), diisi dengan cara diketik (tidak diperbolehkan tulis tangan).
  2. Pasfoto ukuran paspor (4 cm x 6 cm) terbaru diletakkan pada Formulir Pendaftaran halaman awal.
  3. Salinan resmi Ijazah/Surat Keterangan Lulus Sementara dan transkrip nilai yang telah dilegalisir (lampirkan scan dokumen asli dan terjemahannya dalam bahasa Inggris).
  4. Statement of Purpose (lihat di Formulir Pendaftaran).
  5. Salinan resmi Akte Kelahiran dan paspor yang telah dilegalisir. Apabila belum mempunyai paspor bisa menggunakan KTP. Paspor tidak perlu diterjemahkan. Akte Kelahiran juga tidak perlu diterjemahkan jika sudah tercantum bahasa Inggrisnya.
  6. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Tidak perlu diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.
  7. Salinan sertifikat Tes Bahasa Asing/Inggris (TOEFL/TOAFL/IELTS/dll) tergantung persyaratan dari program studi yang dituju. Skor minimal TOEFL 550 / IELTS 6.0.
  8. Surat Rekomendasi dari dua orang pemberi rekomendasi (menggunakan formulir C1 dan C2 pada Formulir Pendaftaran halaman 9-12) yang diisi dalam bahasa Inggris. Pemberi rekomendasi bisa merupakan pengasuh pondok pesantren, kepala sekolah, dosen/dosen pembimbing/profesor, atasan di organisasi, dan sebagainya.
  9. Surat Nominasi (endorse) dari pemerintah, bisa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta/Dinas Pendidikan di wilayah Kota/Kabupaten tempat tinggal asal. Menggunakan Format Nominasi yang terdapat pada Formulir Pendaftaran halaman 13-14.
  10. Sertifikat bahasa/prestasi/organisasi/penghargaan yang berkaitan dengan fakultas/program studi yang dituju. Apabila menggunakan bahasa Indonesia bisa diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.
Catatan:
– Untuk menerjemahkan dokumen dapat menggunakan jasa penerjemah tersumpah atau terjemahan langsung dari pihak universitas.

CARA MENDAFTAR BEASISWA BRUNEI DARUSSALAM:

  1. Untuk mendaftar Beasiswa Brunei Darussalam 2022 – 2023, pelamar dapat melengkapi seluruh persyaratan dan berkas dokumen di atas (termasuk persyaratan dari pihak universitas/politeknik yang dituju). Seluruh berkas di-scan dengan format PDF dan dijadikan satu file. Kirimkan ke email: applyBDGS2022@mfa.gov.bn. Ukuran email dan file lampiran tidak lebih dari 10 MB.
  2. Khusus bagi pelamar yang mendaftar ke Universiti Brunei Darussalam, juga harus mengisi Formulir Pendaftaran Online pada link berikut: https://apply.ubd.edu.bn/orbeon/uis-welcome/.
  3. Kode masing-masing program studi bisa dilihat pada link website masing-masing universitas di atas. Khusus untuk Universiti Brunei Darussalam, Universiti Teknologi Brunei dan Politeknik Brunei, tidak perlu memasukkan kode program studi pada formulir pendaftaran.
  4. Batas waktu pendaftaran Beasiswa Brunei Darussalam paling lambat tanggal 15 FEBRUARI 2022.
  5. Bagi pelamar yang lolos seleksi berkas akan mendapatkan pemberitahuan via email dan akan mendapatkan informasi mengenai jadwal seleksi wawancara. Seleksi wawancara dapat dilaksanakan melalui Skype (secara online/video call). Selain itu juga terdapat tes tulis untuk mengetahui kemahiran bahasa para pelamar dalam bahasa Inggris/Melayu/bahasa Arab (jika dibutuhkan).
  6. Informasi pengumuman pemenang biasanya akan diberitahukan melalui email atau dihubungi langsung oleh pihak Kedutaan Besar sekitar minggu pertama Juni 2022. Apabila tidak mendapatkan pemberitahuan lebih dari minggu kedua Juni 2022, bisa dipastikan pelamar yang bersangkutan belum berhasil mendapatkan Beasiswa Brunei Darussalam (BDGS).

Untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai Beasiswa Brunei Darussalam 2022 – 2023, dapat menghubungi kontak berikut:
BDGS Unit (Technical Assistance Division)
Department of Administration
Ministry of Foreign Affairs
Bandar Seri Begawan BD 2710
Brunei Darussalam

E-mail: queriesBDGS2022@mfa.gov.bn4


Sumber Informasi Resmi: http://mfa.gov.bn/Pages/bdgs/bdgs2022.aspx
Silakan dibagikan kepada rekan-rekan yang membutuhkan. Semoga bermanfaat.


buttons=(Accept !) days=(20)

Website kami menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman akses kamu. Pelajari
Accept !
To Top